Joseph Stalin

Published February 17, 2013 by trioanaksejarah
Joseph Stalin

 

Nama Lengkap : Joseph Stalin

Alias : No Alias

Kategori : POLITIKUS

Tempat Lahir : Gori, Georgia

Tanggal Lahir : Rabu, 18 Desember 1878

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Soviet

Istri : Ekaterina Svanidze, Nadezhda Alliluyeva
Anak : Yakov Dzhugashvili, Vasily Dzhugasvili, Svetlana Alliluyeva

 
BIOGRAFI

Joseph Stalin merupakan seorang pemimpin Soviet. Ia dikenal karena kediktatorannya. Sebutan yang disandangnya adalah manusia baja atau steel man. Di masa pemerintahannya, ia diperkirakan telah menghilangkan nyawa sekitar 3o juta jiwa penduduk Rusia dan negara-negara sekitarnya. Selain itu, ia juga dikenal tidak percaya akan adanya agama dan Tuhan. Hal itu berkaitan erat dengan adanya buku Asal-Usul Manusia karya Charles Darwin.

Awalnya Stalin merupakan Sekretaris Jendral Partai Komunis Uni Soviet. Lawan utama yang ia hadapi ialah Leon Trotsky. Setelah ia berhasil merangkul semua partai, Stalin mengusir Trotsky dari bumi Soviet dan pada akhirnya Trotsky dibunuh di Meksiko tahun 1940.

Stalin muncul sebagai Perdana Menteri Uni Soviet di tahun 1924 menggantikan Vladimir Lenin. Sifat kediktarorannya mulai muncul. Ia mengusir lawan-lawan politiknya dan juga orang-orang yang tak suka dengan gaya kepemimpinannya. Bahkan, ia tak segan untuk membunuh orang-orang yang berbahaya bagi kelanjutan karir politiknya. Dan juga, siapapun yang bertahan di Soviet akan ia perlakukan dengan kejam sekalipun itu rekan politiknya sendiri. Mereka-mereka itu oleh Stalin dianggap sebagai musuh-musuh negara dan patut untuk dihilangkan dari muka bumi ini.  

Dalam Perang Dunia II (1939-1945), kunu Soviet yang dipimpin Stallin berpihak kepada pihak Sekutu. Pihak ini melawan kubu Adolf Hitler serta Nazi Jerman. Dengan mengerahkan seluruh pasukan yang ada, ia melakukan penyerbuan ke Stalingrad. Hal ini tentu menimbulkan namyaknya korban jiwa terutama warga sipil Uni Soviet. Di sisa-sisa akhir hayatnya, ia masih memiliki kekuatan untuk menaklukkan lawan politiknya meskipun dengan keterbatasan kondisi yang dimilikinya. Ia memerintahkan pasukannya untuk menahan dokter-dokter di Moskow atas tuduhan pembunuhan terhadap pejabat tinggi Rusia. Nampaknya, memang ini merupakan usaha Stallin untuk melakukan pembersihan kembali di negaranya. Belum sempat melakukan itu, Stalin harus menemui ajalnya. Ia meninggal di tanggal 5 Maret 1953. 

Kehidupan pribadi Stallin bisa dikategorikan tak terlalu istimewa. Dia menikah di tahun 1904, tetapi di tahun 1907 istrinya meninggal karena sakit paru-paru. Anak lelakinya, Yakov ditahan oleh Jerman saat terjadi Perang Dunia II. Ia tidak mau menebus Yakov dan membiarkan anaknya sebagai tawanan dan akhirnya meninggallah anak lelakinya itu. Ia menikah untuk yang kedua kalinya dengan Nadezhda Alliluyeva di tahun 1919. Istrinya yang kedua ini pun meninggal dunia di tahun 1932. Ia dianugerahi dua orang anak, lelaki dan perempuan. Anak lelakinya, Vasily, merupakan perwira Angkatan Udara Rusia tetapi juga seorang pemabuk. Ia pun mati di tahun 1962. Lain lagi dengan anak perempuannya, Svetlana. Ia diusir dari Uni Soviet dan di tahun 1967 ia datang ke Amerika Serikat.

Sekalipun ia terkenal dengan ketegasan dan kekejaman yang luar biasa, tetapi Stalin tetaplah mempunyai nama besar dalam sejarah dunia dan namanya tak bisa dilupakan begitu saja.

Riset dan analisa oleh Dyanara Putri

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: